Pada mobil bermesin injeksi (EFI) umumnya menyertakan indikator Check Engine pada panel dashboard. Jika lampu indikator tersebut tetap menyala sekalipun mesin sudah hidup, menandakan adanya masalah pada mesin atau sistem pendukung lainnya.
Masalah pada mesin dapat beragam, namun kita dapat mengalokasikan apa saja yang mungkin menjadi penyebab masalah tersebut, sehingga dapat kita perbaiki dengan tepat dan cepat.
Bengkel Resmi dan Non-Resmi pun bisa salah dalam mendiagnosa masalah pada mesin kita, hal ini membuat besarnya biaya yang dikeluarkan akibat dari pergantian komponen yang tidak tepat, bahkan terkesan tebak-tebakan saja.
Semoga artikel ini dapat membantu.
Bunyi tik-tik-tik dari mesin:
Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang) Hydraulic Valve Adjuster bermasalah Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak Rocker Arm bermasalah Pemakaian oli yang tidak tepat / tidak cocok Lampu OIL Pressure menyala saat mesin hidup:
Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok. Sensor tekanan oli bermasalah Pompa oli bermasalah Panas yang berlebihan di dalam mesin Katup Oil Pressure Relief rusak Filter Oli bermasalah Saringan oli pada ruang karter kotor/mampet. Mesin tidak dapat berputar ketika dicoba dihidupkan:
Terminal Accu kendur atau korosi Tegangan Accu kurang atau accu rusak/mati Jalur kelistrikan untuk Starter terputus Kunci Kontak bermasalah Motor starter bermasalah Gigi motor starter atau FlyWheel ada yang patah Saluran Ground/Negatif Accu ke Mesin terganggu/lepas. Terdengar suara mendesis pada mesin:
Kebocoran pada inlet manifold atau gasket throttle body Kebocoran pada gasket Exhaust Manifold Kebocoran selang vacuum Kebocoran pada gasket Cylinder Head (robek/terbakar/patah) [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]
Mesin dapat berputar, tapi tidak mau hidup:
Bensin habis/kosong Accu soak (mesin berputar sangat pelan) Kabel Accu kendur/korosi Komponen pengapian bermasalah Jalur kelistrikan untuk pengapian terganggu/lepas/rusak Busi rusak atau gap busi tidak tepat Choke bermasalah Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah Masalah mekanik (sensor kruk as rusak, timing belt putus, dll) Mesin susah dihidupkan saat masih dingin:
Accu kosong/tegangan kurang Terminal Accu kendur / korosi Busi rusak, setelah gap tidak tepat Choke bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah Permasalahan pada pengapian Kompresi silinder rendah Fuel Pressure Regulator bermasalah .
Mesin susah dinyalakan saat mesin panas:
Filter udara kotor/mampet Choke bermasalah Permasalahan sistem injeksi (fuel injection) Kompresi silinder rendah. Motor starter berisik / kasar saat distarter:
Gigi pinion starter/ flywheel patah. Baut dudukan motor starter lepas atau hilang. Komponen di dalam motor starter rusak/aus. Mesin tersendat/tertahan saat akselerasi
Busi rusak/setelah gap tidak tepat Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya. Karburator bermasalah Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]
Mesin berguncang (stall):
Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya. Filter bensin mampet Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. Mesin kehilangan tenaga:
Pemasangan timing belt yang tidak tepat Filter bensin tersumbat/mampet Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah Busi rusak/ gap busi tidak tepat Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah Rem mengunci Kopling slip (habis) Mesin Backfire (nembak-nembak):
Pemasangan Timing Belt tidak tepat Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya) Mesin mau hidup, tapi kemudian mati lagi:
Ada permasalahan pelistrikan pada rangkaian pengapian. Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. Idle/Langsam tidak rata:
Penyetelan idle speed yang tidak tepat. Filter udara kotor Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. Busi rusak/ gap busi tidak tepat Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak Pemasangan Timing Belt tidak tepat Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]
Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:
Busi rusak/ gap busi tidak tepat Kabel busi bermasalah Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. Distributor Cap retak atau aus Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah Kabel ground tidak baik/terputus Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose) Mesin mengalami misfire sepanjang perjalanan:
Filter bensin mampet/kotor Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit Busi rusak/ gap busi tidak tepat Distributor Cap retak atau aus Kabel busi bermasalah Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah Ignition Coil bermasalah Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah. Mesin tetap hidup sekalipun kunci kontak sudah dimatikan:
Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder) Mesin terlalu lama dijalankan pada suhu yang tinggi. Solenoid Karburator bermasalah Kunci kontak bermasalah Mesin ngelitik saat akselerasi / menanjak:
Timing pengapian tidak tepat Masalah pada sistem pengapian Busi rusak/ gap busi tidak tepat Salah pakai jenis bensin (oktan terlalu rendah) Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder) Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya. Karburator bermasalah Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
1 komentar:
TXU FOR THE INFORMATION. TXU SO
Posting Komentar